Rabu, 29 Agustus 2012

Belajar Bahasa Rusia

Bahasa Rusia merupakan salah satu bahasa yang digunakan dalam Persatuan Bangsa Bangsa (PBB). Dulu bahasa Rusia digunakan di negara era persemakmuran Uni Soviet yang kini sudah berdiri menjadi negara - negara sendiri seperti Rusia, Uzbekistan, Azerbaijan, Kirgiztan, Ukraina, dan lainnya. Kini negara Rusia dengan bahasa utamanya Rusia, dan negara eks Uni Soviet lainnya juga masih menggunakan bahasa Rusia disamping bahasa negaranya sendiri.

                                                      peta negara Rusia (pojok kanan atas)

Di Indonesia sendiri, orang-orang belajar bahasa Rusia untuk berbagai tujuan. Untuk mendapatkan beasiswa sekolah di universitas di Rusia, untuk mendaftar sebagai pegawai negeri sipil luar negeri (diplomat), untuk menjadi penerjemah, untuk bekerja sebagai tour guide (pemandu wisata), dan banyak lagi. Di Indonesia lembaga resmi yang mengajarkan bahasa Rusia cukup banyak mulai Universitas Padjadjaran di Bandung, Universitas Indonesia di Jakarta, tempat kursus-kursus di Bali, dan lainnya.

Bentuk karakter bahasa / abjadnya memang unik lain daripada yang lain. Misalnya "Я изучал русский язык в ПАТИ" (baca : ya izucal ruski yazik v Pati), antik kan...? yang artinya saya belajar bahasa Rusia di Pati.

Untuk di Pati dan sekitarnya, bagi yang tinggal di Pati dan berminat belajar bahasa Rusia bisa hubungi redaksi kami ke HP. 081225095105. Salam bahasa..  (Kabarepati,30.8.2012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar