Selasa, 28 Agustus 2012

Gazebo Glugu

Secara etimologi, entah dari mana asal muasal istilah Gazebo. Sebagian mengartikan Gazebo berasal dari gabungan kata bahasa Inggris "gaze" yang artinya memandang dan "ebo" dalam bahasa Latin artinya keluar, dan rata-rata bentuk Gazebo hanya atap dengan penyangga tanpa dinding penutup. Tapi seiring dengan perkembangan ada yang pesan Gazebo dengan diberi dinding. 
Ada lagi yang memaknai berasal dari bahasa Perancis "Que c'est beau" (baca: kue se bo) artinya betapa indahnya, dan kalau di Algeria disebut "Casbah", sementara dulu jaman Kordoba disebut "qushaybah" (wikipedia.org).


                                    Gazebo glugu beratap sirap kayu ulin dibuat oleh perajin di Pati
 
Sebenarnya prototype Gazebo sudah kita kenal jauh hari di sekitar kita. Sebuah bangunan terbuka hanya atap dan tiang penyangga banyak kita temui di sawah-sawah sekitar kita, yang disebut Gubug. Gubuk adalah rumah kecil, biasanya yg kurang baik dan bersifat sementara (KBBI/Kamus Besar Bahasa Indonesia).
                                                                        Gubuk Sawah

Serupa tapi tak sama, berbeda dengan Gazebo yang memiliki nilai estetika tinggi, dan memang digunakan sebagai bagian dari keindahan, sementara Gubuk untuk tempat istirahat sementara dan memang dibuat dengan seadanya yang peruntukannya untuk istirahat orang - orang ketika di sawah.

 
                                     Gazebo beratap alang-alang/rumbia dibuat oleh perajin di Pati
                                                             
Dengan struktur sama - sama dari batang kelapa / glugu, peminat Gazebo dapat memilih atapnya sesuai selera yaitu atap dengan alang-alang / rumbia atau dengan atap sirap dari kayu ulin.

                                          Gazebo setengah jadi diambil langsung dari workshop

Gazebo - gazebo ini memiliki ukuran ukuran yang berbeda-beda tergantung pesanan. Kalau tertarik dan ingin melakukan pesanan cukup hubungi kami ke redaksi kami HP. 081225095105. Gazebo-gazebo ini dibuat oleh perajin berpengalaman di Pati. Percayakan kepada kami. (Kabarepati,29.8.2012)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar