Senin, 19 Desember 2011

krupuk murah meriah

                                                                          krupuk trasi

Ditengah berita di negeri ini industri krupuk pada gulung tikar, hal ini tidak berlaku bagi home industri krupuk di Pati. Salah satunya krupuk trasi yang diproduksi dari beberapa desa di Pati. Bagi skala industri rumahan, ada yang pemasarannya sebatas memenuhi kebutuhan krupuk di dalam desa sendiri dan desa sekitarnya. Bagi industri skala menengah mungkin sudah bekerjasama dengan para pemasar dan diambil oleh para "bakul". Kalau kita memasuki warung makan dan menjumpai bungkusan kecil seharga 500 an rupiah, itulah krupuk produksi lokal di Pati. Murah bukan?. Krupuk berbahan dasar pati telo. Sebagai asesoris di warung makan dan sebagai cemilan kita menunggu pesanan makanan. Namun tidak jarang ketika bertanya pada penjual dari mana krupuk ini,  kita akan mendapat jawaban bahwa krupuknya dari kota tetangga.
                                                                        krupuk lala

Teksturnya lebih tipis, bening, sedikit ada bintik-bintik mricanya, dan lebar. Yang ini jarang dijumpai di warung karena kurang tahan lama. Namun begitu tetap saja ada yang memproduksi di Pati ini. Ketika dibungkus plastik tipis akan kurang tahan lama. Cocok buat asesoris makan di rumah saja. Kalaupun ada di warung, harganya pun relatif sama yakni 500 an rupiah. Orang biasa menyebutnya krupuk lala. Berbahan tepung trigu. Kriuk. Begitu bunyi ketika digigit. (kabarepati, 19/12/2011).



2 komentar:

  1. gan kok gak ada refrensi diamana alamat produsen dan minta info berapa hrga partai nya!!!!!!..

    BalasHapus
    Balasan
    1. di tiap desa masing-masing kecamatan ada home industrinya, semisal di desa Jimbaran Kec Margorejo, di Ngemplak kec Margoyoso, dll. Kalau di rata-rata sekitar Rp.10000-15.000 mentah per kilo, lihat2 dulu kualitas, rasa, komposisinya. Satu perajin krupuk dengan yang lain harganya berbeda. Untuk membantu pemesanan kirim saja ke redaksi kabarepati, kabarepati@yahoo.com.

      Matursuwun,

      Hapus